FORJA Jurnalis Kabupaten Tangerang Harus Punya SIM P

Poto bersama usai deklarasi FORJA, bertempat di Takara Golf Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (2/2/2022).

BANTEN, INDOtayang.COM – Dewan Pendiri Forum Kerja (FORJA) Jurnalis Kabupaten Tangerang, Banten, Endang Jaya Permana mengatakan, bahwa forum jurnalis itu harus memiliki soliditas, integritas, mentalitas, dan profesionalitas atau SIM P.

Endang menyampaikan hal itu saat memberikan pembekalan kepada Pengurus dan Anggota FORJA usai deklarasi, bertempat di Takara Golf Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (2/2/2022).

Menurut Endang, soliditas adalah kekuatan kolektif untuk mencapai tujuan organisasi. Karena dengan kebersamaan, kekompakan yang kukuh, maka organisasi tak akan mudah runtuh dan bercerai berai.

“Kemudian integritas. Ini adalah aspek kejujuran, moralitas, sebagai bentuk tanggungjawab baik terhadap organisasi yaitu FORJA, maupun terhadap profesi sebagai jurnalis,” ujarnya.

“Jadi, jujur itu harus nampak jujurnya. Wartawan itu harus nulis, harus terus berkarya. Ini sebagai salah satu bentuk untuk membuktikan kejujuran,” imbuhnya.

Lalu, kata dia, aspek mentalitas, hal ini penting dimiliki oleh Anggota FORJA Jurnalis Kabupaten Tangerang. Dengan mentalitas yang kuat maka tujuan organisasi bisa tercapai.

“Mentalitas ini terkait cara berfikir atau konsep pemikiran yang harus dimiliki anggota FORJA, untuk merespon segala hal dalam upaya mewujudkan cita-cita organisasi,” jelasnya.

Dan terakhir adalah profesionalitas, menurut Endang, yaitu terpenuhinya standar mutu dan kualitas dalam pengelolaan organisasi, maupun dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai jurnalis.

“Semoga dengan SIM P ini, FORJA Jurnalis bisa menjadi kekuatan dalam mewujudkan Pers yang sehat dan lebih baik di Kabupaten Tangerang,” harapnya.